Bagian-bagian dan Komponen Gorden


Bagi anda yang masih awam tentang gorden, informasi tentang bagian dan komponen gorden berikut barangkali sangat bermanfaat dalam memudahkan Anda berbelanja gorden(gordyn).

Untuk lebih mudah, silahkan anda perhatikan gambar berikut ini.
bagian-bagian gorden
Dari gambar tersebut, anda bisa mengenal apa saja bagian gorden dan komponennya secara global. Berikut adalah penjelasan gambar:
  1. A adalah Badan Gorden
    Biasanya badan gorden dibelah menjadi dua bagian (kiri dan kanan), meski demikian untuk ukuran jendela yang lebarnya kecil atau yang ingin lebih privasinya (tidak ingin jendelanya terbuka) badan gorden kadang hanya dijadikan satu bidang saja, alias tidak dibelah dua.
  2. B adalah Poni Gorden
    Poni gorden fungsinya menambah kesan indah pada gorden. Dengan badan gorden saja, untuk menutupi pemandangan rumah dari luar sebenarnya sudah cukup. Tapi sebagian besar orang lebih suka memakaikan poni pada gordennya agar terlihat lebih indah. Untuk itu, banyak variasi poni gorden yang memungkinkan bagi anda pilih, sesuai dengan selera dan budget yang anda persiapkan, karena sebagian model poni membutuhkan bahan gorden yang lebih banyak, seperti poni gelombang.
  3. C adalah Vitrase/Vitrage
    Kain gorden yang transparan dinamakan vitrase atau vitrage. Bagian gorden ini berfungsi untuk menutupi pemandangan luar, ketika gorden (badan gorden) dibuka. Jadi cahaya matahari tetap masuk ke rumah anda, namun privasi dalam rumah tetap terjaga.
  4. D adalah Rollet/Batang Gorden
    Bagian yang satu ini salah satu komponen penting gorden. Untuk satu unit girden seperti yang terlihat di gambar, sebenarnya membutuhkan beberapa batang gorden; Rollet (batang pipa) berfungsi untuk mengaitkan bagian terdepan gorden, biasanya adalah poni (jika tidak menggunakan poni layar), Batang alumunium kotak atau Alkan Oval untuk mengaitkan badan gorden dan vitrage. Jadi untuk gorden lengkap seperti di gambar diperlukan minimal tiga batang gorden.
  5. E adalah Tassel atau Simbory
    Yaitu tali pengikat gorden, berfungsi untuk mengaitkan badan gorden ketika ingin dibuka. Selain Tassel, untuk pengait ini bisa juga digunakan tali dari bahan kain gorden.
  6. F adalah Hook
    Hook berfungsi untuk mengaitkan Tassel atau tali kain, biasanya terbuat dari tempa/besi, meski ada juga yang terbuat dari plastik yang harganya jauh lebih murah.
------------------------------------------------
Famili Gorden menerima pemesanan gorden dengan kain Blackout atau gorden semi blackout. Hub Famili Gorden

------------------------------------------------

Komponen dan bagian gorden diatas merupakan bagian-bagin terpenting dari gorden yang berbahan kain (curtain). Adapun untuk gorden (tirai) jenis blinds atau kerai, komponen dan bagian-bagiannya tentu agak berbeda.

Gorden, Tirai dan Aksesories

(untuk melihat detail klik pada gambar)