Cara Mengukur Gorden

Jika tiba saatnya, pasti anda akan sangat membutuhkan gorden. Fungsi yang tidak bisa ditawar-tawar dari gorden biasanya adalah untuk menjaga privasi anda sekeluarga. Sehingga meski disiang hari bolong, anda dan keluarga di rumah tetap merasa nyaman dari pandangan orang-orang yang lewat didepan rumah anda. Alasan mengapa anda harus segera memasang gorden jendela rumah tentu masih banyak. Tapi disini kita ingin membicarakan tentang bagaimana cara menentukan ukuran (mengukur) gorden rumah yang anda perlukan itu.
Model Gorden

Untuk menentukan ukuran gorden rumah, jendela atau pintu rumah anda sebenarnya sangatlah mudah. Hanya saja bagi sebagian orang kadang tidak terlalu percaya diri kalau hasil pengukurannya itu sudah tepat dengan kebutuhan gorden sesuai model yang diinginkannya. Untuk membantu permasalahan ini, Famili Gorden memberikan beberapa tips untuk menentukan ukuran gorden yang diperlukan itu:

  1. Pastikan bahwa anda telah menyiapkan beberapa peralatan yang dibutuhkan: meteran, kertas dan pulpen. Terkadang anda juga memerlukan kursi atau tangga, jika jendela yang akan anda ukur itu posisinya cukup tinggi untuk anda jangkau.
  2. Pengukuran biasanya dimulai dengan mengukur lebar terlebih dahulu baru setelah itu diukur tingginya, sehingga anda bisa menuliskan di kertas yang sudah anda siapkan itu L x T (artinya lebar kali tinggi). Dan anda mulai mengukur berapa lebar kusen jendela, pintu atau bidang yang ingin anda ukur dan berapa tingginya.
  3. Penting untuk diketahui, ukuran yang anda ukur ini adalah ukuran sesungguhnya dari gorden yang akan anda pasang. Karenanya harus dipastikan apakah anda menginginkan seluruh bagian yang akan dipasang itu tertutup? Jika ya, berarti anda perlu sedikit melebihkan ukuran dari ukuran kusen jendela atau pintunya, karena jika terlalu dipaskan (seukuran kusen saja) dikhawatirkan ada celah yang tidak tertutup kain gorden. Atau jika anda kesulitan bisa saja anda ukur sesuai ukuran kusennya saja, setelah itu anda jelaskan ke tukang gorden anda.
  4. Jika dilebihkan dari ukuran kusen biasanya berapa centi meter? Dalam hal ini relatif, disesuaikan dengan posisi kusen dengan dinding atau bagian lain. Jika letak kusen itu tidak terbatasi oleh dinding atau bagian yang lain, maka anda bisa melebihkan 5-15 cm dari ukuran lebar kusen dan 10-20 cm dari tinggi kusen. Tapi jika letak kusen itu dibatasi oleh bagian lain (seperti dinding, dsj) maka sebaiknya anda sesuaikan ukurannya dengan kondisi yang ada.
  5. Hal lain yang juga perlu dipertimbangkan, apakah anda ingin memasang rollet/batang gorden untuk mengaitkan gorden itu di atas kusen atau di kusen bagian atas jendela atau pintu? Jika anda ingin memasang rollet gordennya di tembok diatas kusen maka perlu anda tambahkan 5 cm dari ukuran yang anda inginkan tadi, sehingga untuk ukuran tinggi selain ditambah 10-20 cm dari ukuran kusen juga ditambah 5 cm untuk pemasangan rolletnya. Dengan demikian gorden yang akan anda pasang nantinya tidak terlihat ngatung alias kependekan atau terkesan kurang bahan. 

    Beberapa Tips tentang cara mengukur gorden ini semoga bisa membantu anda dalam menentukan ukuran yang tepat bagi model gorden yang anda inginkan. Namun jika anda merasa kurang yakin juga, khawatir meleset, takut tidak tepat, solusi terbaiknya anda tinggal telepon tukang gorden kepercayaan anda. dan sebagai salah satu penyedia gorden Famili Gorden siap membantu melayani anda jika anda perlukan. 

Gorden, Tirai dan Aksesories

(untuk melihat detail klik pada gambar)