Tips Memilih Gorden Rumah dan Kantor


Vertical blind
Gorden (korden) merupakan salah satu aksesoris atau pelengkap rumah atau kantor anda. Tanpa gorden, rumah atau kantor serasa kurang indah dan terkesan hambar. Disamping tentu saja, pemandangan dalam rumah atau kantor akan sangat mudah terlihat dari luar (transparan), sehingga mengganggu privasi. 

Berkembangnya model gorden dewasa ini, ditambah munculnya alternatif bahan yang semakin beragam, diperlukan kejelian dan kecermatan dalam memilih gorden agar hanya tidak sesuai dengan selera anda tapi, tentunya dibutuhkan pemahaman yang tinggi akan fungi ruang serta memiliki cita rasa seni yang memadai. Berikut ini akan kami berikan tip memilih bahan gorden.

Gorden: Curtain atau blind?
Dilihat dari bahan pembuatnya gorden dibagi dalam dua jenis yaitu curtain dan blind. Curtain adalah gorden yang dibuat dari bahan kain (pabrik), sedangkan blind adalah tirai (penutup jendela) yang dibuat dari bahan-bahan aluminium, PVC, bambu, kayu solid atau fiber dan sejenisnya.
Baik curtain maupun blind memiliki jenis yang beraneka ragam. Penamaan untuk setiap jenis biasanya berdasarkan pada model dan cara mengoperasikannya.

Jenis Curtain dan Blind
Dalam curtain misalkan ada dikenal dengan gorden minimalis, gorden klasik dan gaya modern. Berbagai model gorden tersebut, bisa saja dibuat dari bahan gorden lokal atau impor, meski harga gorden impor biasanya lebih mahal dari kain gorden lokal. Temasuk jenis curtain adalah kain gorden tipis atau transparan yang disebut vitrage atau vitrace. Jenis gorden ini biasanya digunakan sebagai pelapis gorden penutup jendela, fungsinya menghalangi pemandangan dari luar ketika gorden dibuka.

Seperti halnya curtain, blind juga memiliki jenis atau nama yang berbeda-beda, ada vertical blind, horizontal blind, roman blind atau roman shade, roll blind, dll.

Warna: serasi atau kontras
Tentang warna, Anda dapat memilih warna-warna yang serasi atau turunan dari dominan warna yang ada pada ruang atau aksesoris yang ada di dalamnya. Sebaliknya, jika menginginkan kejutan, Anda bisa memakai warna yang sama sekali berbeda, bahkan kontras.
Sebagai acuan warna gorden bisa Anda pilih dari elemen yang ada pada ruang, seperti cat dinding, warna bed cover, karpet, atau warna perabot (sofa, meja, atau bufet), dll.

Bercorak atau polos?
Cermat memilih corak atau motif gorden juga sangat berpengaruh pada kesan ruang yang ingin Anda ciptakan. Pemilihan corak biasanya lebih pada jenis curtain, namun saat ini blind pun tampil tidak hanya dalam corak yang polos dan halus. Ada yang menampilkan wajah yang "bertekstur" seperti adanya lubang-lubang atau bentuk-bentuk lain.
Seperti halnya memilih warna, menentukan corak gorden dapat dibuat senada ataupun kontras dengan dominasi corak yang ada di ruang, bergantung pada kesan yang ingin diciptakan baik bagi tampilan jendela Anda maupun dari kesan ruang secara keseluruhan.

Tebal atau tipis?
Aplikasi sebuah gorden tidak selamanya terdiri dari bahan tebal yang dapat memblok secara total cahaya maupun pandangan. Pada kondisi tertentu, kehadiran bahan yang tipis dan tembus pandang (vitrage) justru dihadirkan untuk menampilkan kesan open space pada ruang yang mempunyai view yang indah di luar ruang.

Jadi, kini Anda sudah mengetahui hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan dalam memilih gorden untuk rumah atau kantor anda. Tinggal anda menentukan model dan jenis gorden yang mana yang cocok untuk rumah atau kantor anda. Untuk rumah biasanya orang lebih memilih jenis curtai (kain) sebagai pelengkap interior decornya. Meski, dewasa ini banyak juga yang sudah mengkombinasikan pemakaian gorden rumah dengan curtai dan blind. Perpaduan ini bisa menjadi alternatif bagi anda yang menginginkan variasi suasana. Sedangkan untuk kantor, biasanya lebih banyak menggunakan type blind (vertical atau horizontal blind, meski sebagian orang cenderung menggunakan jenis curtain, agar kantornya lebih terasa seperti rumah, atau karena alasan lainnya.

Jika Anda membutuhkan Gorden (gordyn), baik type curtain maupun blind (vertical blind, horizontal blind, roller blind, Roman shade, dll) anda bisa memesan kepada Kami, Famili Gorden. Untuk Pemesanan hubungi 


Sumber inspirasi: http://www.mojokertocyber.com/tips-griya-idaman/822-memilih-gorden

Gorden, Tirai dan Aksesories

(untuk melihat detail klik pada gambar)